TIPS UNTUK BISA FOKUS

Pikiran yang fokus pada suatu objek akan lebih jelas melihat objek tersebut; sebaliknya pikiran yang tidak fokus, menyebar ke berbagai perhatian,  maka objek menjadi tidak jelas, blur. Seseorang dalam keadaan tidak fokus kepada satu hal, ia tidak dapat menjelaskan objek perhatiannya secara detail dan akurat. Sebuah tindakan yang mubadzir.

Fokus itu seperti sebuah suryakantha atau kaca pembersar sehingga objeknya menjadi jelas, bahkan lensa fokus dapat membakar objeknya. Pikiran yang fokus akan menghasilkan energi dalam diri  dalam bentuk sebuah kekuatan yang besar untuk medukung apa yang Anda inginkan. Begitu Anda fokus pada target yang spesifik dan jelas, maka hampir seluruh potensi diri bersatu padu untuk mewujudkannya. Seluruh entitas spiritual-emosional bersektu dan seluruh jaringan sel tubuh bersepakat untuk mewujudkan apa yang Anda fokuskan.

Fokus bukan saja sebuah energi, fokus merupakan standar bertindak seseorang. Melalui fokus, Anda dapat memilih dan memilah mana hal-hal yang mendukung pencapaian target dan mana hal-hal yang harus dipinggirkan. Fokus sekaligus –dan secara otomatisakan menjadi alat penyortir mana aktifitas penting dan mana aktifitas remeh yang mengganggu. Dengan kata lain, melalui fokus yang kuat/konsentrasi dapat dijadikan penggangu godaan setan yang terkutuk, penyebab kegagalan.

Pikiran akan bekerja efektif manakala digunakan untuk fokus. Sel-sel saraf otak akan bekerja seefektif mungkin bila pemiliknya fokus. Begitu Anda putuskan untuk fokus, pikiran segera bekerja –dan hanya bekerjasecara fokus dan senantiasa bekerja bagaimana mewujuklan apa yang difokuskan majikannya.

MANFAAT FOKUS

 Pikiran fokus tidak saja merupakan salah merubah potensi otak dan tubuh menjadi sebuah kekuatan, ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh:

1.        Memperjelas pemahaman objek

Apa yang Anda lihat belum tentu jelas objeknya. Contoh, mungkin Anda dalam aktifitas harian naik-turun tangga, tetapi saya tidak yakin berapa jumlah tangga yang Anda naiki karena Anda tidak fokus.

      

2.        Mudah membandingkan antar objek

       Melalui  fokus, Anda dapat membandingkan antar objek. Sebab, begitu Anda fokus pikran akan segera melihat secara utuh dan detailnya. Bahkan, Anda dapat memerinci apa saja yang terdapat di objek tersebut. Anda dengan mudah membandingkan  hal-hal yang serupa tetapi tidak sama. Hal ini penting agar Anda dapat dengan mudah mengenali mana aktifitas harian yang mendukung cita-cita dan mana yang merusak cita-cita.

3.        Melatih pikiran berkonsentrasi

Salah satu sebab seseorang tidak berkonsentrasi karena pikiran tidak fokus, memikirkan banyak hal dalam satu satuan waktu. Ini jelas tidak efektif dan tidak mengahsilkan apa-apa.

4.        Melatih menghafal

Aktifitas menghafal adalah aktifitas fokus. Kenapa seseorang sulit sekali untuk menghafal karena ia tidak fokus. Begitu ia  sering berlatih fokus maka aktifitas menghafal menjadi lebih mudah. Bagi mereka yang berumur di atas empat puluh tahun, aktifitas menghafal merupakan pekerjaan sulit, mereka lebih mudah menganalisa dari pada menghafal. Namun melalui berlatih fokus menghafal menjadi  mudah.

5.        Menanamkan program pikiran ke dalam  pikiran bawah sadar

Salah satu cara untuk memasukan sebuah program pikiran (target, outcome, cita-cita, perilaku baru dan lain-lain) adalah dengan cara afirmasi, menucapkan program itu berulang-ulang secara intens. Sesuatu yang dilakukan berulang-ulang dan intens, cepat atau lambat akan masuk ke dalam pikiran bawah sadar, menginternal dan menjadi kebiasaan. Ketika Anda fokus, yang berarti sedang berpikir intens dan berulang-ulang, maka sesungguhnya Anda sedang memasukan sebuah program pikiran masuk ke dalam pikiran bawah sadar.

6.        Merubah perilaku

Pada saat seseorang sudah fokus, dan secara intensif memasukan program pikiran ke pikiran bawah sadarnya hingga program itu terpasang di sana, maka secara otomatis perilakunya akan mengikuti program pikirannya. Apabila programnya adalah perilaku baru, maka perlaku yang muncul akibat fokus itu adalah perilaku baru pula.

TIPS FOKUS

          Anda dapat berlatih fokus melalui beberapa tips di bawah ini yang saya adopsi dari beberapa sumber.

1.        Melempar bola pimpong

Khrisnamurti dalam bukunya, Share the Key (2008) memberikan tip fokusnya melalui permainan bola pimpong dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1)        Persiapan

(1)     Gelas plastik kosong

(2)     Bola pimpong berwarna agar mudah dikenali

2)        Cara bermain

(1)      Peserta diminta berpasangan, A dan B

(2)      A mendapat satu gelas plastik kosong dan B mendapat satu buah bola pimpong berwarna

(3)      Peserta A diminta memegang gelas plastik dengan posisi berhadapan dengan B;

(4)      Posisi B ancang-ancang dengan jarak dimulai 1 meter, lalu dibuat menjauh 2 meter hingga 10 meter tergantung kesepakatan A dan B

(5)      Dengan konsentrasi penuh dan fokus, B melempar bola pimpong ke arah gelas plastik yang dipengang A. Lakukan beberapa kali dengan posisi bergantian.

(6)      Disarankan peserta untuk berteriak “Goool..!” sekeras mungkin pada saat bola pimpong masuk ke dalam gelas plastik.

2.        Mengamati Foto Anda

Charles F. Haanel dalam bukunya, Master Key System (20120) memberikan tip konsentrasinya sebagai berikut.

1)        Bawah foto Anda yang sudah dibingkai dan tempel atau gantungkan di sebuah tembok (atau foto keluarga Anda yang sudah menempel di dinding);

2)        Amatilah foto tersebut secara fokus selama 10 menit;

3)        Catat baik-baik hasil pengamatan Anda (wajah, bentuk, ekspresi mata, pakaian, rambut dan lain-lain);

4)        Berhenti sejenak;

5)        Sekarang deskripsikan apa yang telah Anda amati tanpa melihat kembali foto tersebut. Bila Anda sudah dapat melakukannya, selamat Anda sudah dapat fokus, bila belum ulangilagh sampai berhasil.

3.      Menggambar dalam Pikiran

Charles F. Haanel juga memberikan tip fokusnya dengan cara menggambar dalam pikiran. Langkah-lngkahnya adalah sebagai berikut.

1)        Pilihlah salah satu ruang kosong di tembok;

2)        Dalam pikiran Anda, gambarlah garis horisontal gitam kira-kira 15 cm;

3)        Lihatlah garis itu di tembok seolah-olah  terlukis di tembok;

4)        Lalu masih dalam pikiran Anda, gambarlah dua garis vertikal yang berhubungan dengan garis garis horisontal ini di kedua ujungnya;

5)        Kemudian, gambarlah garis horisontal lagi yang menghubungkan dua garis vertikal tersebut, dan sekarang Anda punya persegi empat;

6)        Cobalah melihat persegi empat itu dengan jelas;

7)        Apabila Anda dapat melakukannya, gambarlah sebuah lingkaran di dalam persegi empat tersebut;

8)        Sekarang taruhlah satu titik di tengah lingkaran di dalam  persegi empat itu, lalu tariklah titik itu ke arah Anda sekitar 25 cm;

9)        Sekarang Anda punya sebuah di dasar persegi empat;

10)    Ingatlah bahwa gambar tadi warnanya hitam;

11)    Sekarang ubahlah menjadi warna putih, merah atau kuning.

          Kedisiplinan Anda untuk berlatih fokus melalui salah satu cara seperti tersebut di atas, akan memudahkan Anda dalam fokus mengembangkan diri. Salah satu aspek penting dalam mengoptimalkan potensi diri adalah ketermpilan fokus.